Make Up bagi Perempuan, Pentingkah?

Mendengar kata perempuan cantik, tak jarang orang langsung berpikir tentang "make up". Ya, peralatan make up memang seperangkat alat ajaib, mereka dapat mengubah seseorang dari rupa yang biasa saja menjadi "WAH", dengan polesan bedak mereka tampak putih, dengan eyeliner, eyeshadow dan softlens mata berubah menjadi indah, dan bermacam-macam benda ajaib lainnya. Tapi perlukah itu semua?


Make up membuat seseorang lebih cantik, menarik, dan dapat menebarkan pesona kemanapun hingga semua mata memperhatikan sang Diva yang dengan kecantikan 'make up'-nya menghipnotis orang lain, ya, mereka cantik, mereka cantik setelah dandan, lalu apakah kecantikan itu akan terus bertahan hingga mereka bangun dari tidurnya? Semua perempuan terlahir cantik, hanya bagaimana mereka dapat mempertahankan kecantikannya dengan menjaga kebersihan, serta menonjolkan kelebihannya sehingga segala kekurangannya tidak lagi berarti, bukan dengan menutupi segala kekurangannya dengan make up yang 'ajaib'.

Kata bijak dari orangtua tentang kecantikan perempuan yang masih saya ingat, "kecantikan alami seorang perempuan dapat terlihat ketika ia bangun tidur". Aha! seorang perempuan yang selalu menutupi wajahnya dengan pupur yang tebal, menghias mata sipitnya dengan eyeliner dan eyeshadow, merona pipi tirusnya dengan blush on, dan merekahkan bibir tipisnya dengan lipstik, pentingkah? kecantikan semu akan hilang terhapus air, dan tampaklah wajah yang sangat berbeda dari wajah topeng yang cantik nan mempesona, walaupun wajah aslinya terbilang cantik, apabila wajah cantik itu terbiasa tertutupi oleh make up yang dirias sedemikian rupa hingga tampak jauh lebih cantik, wajah aslinya akan terlihat jelek.



Apakah bijaksana jika menutupi anugerah yang alami itu dengan topeng semu? apa guna make up jika dipakai setiap hari? ketika sekolah, ketika mengikuti bimbingan belajar, atau ketika pergi ke pasar untuk membeli ikan? hey, itu gak penting! sangatlah tidak bijaksana jika ada perempuan yang memoles wajahnya dengan make up tebal setiap hari cuma untuk sekolah ataupun untuk membeli ikan, siapa yang akan melihat kecantikan semu itu? untuk siapa kecantikan semu itu diperlihatkan? kepada ikan di pasarkah? ikan yang sekarat di pasar tidak akan terpesona melihatnya.

Lain halnya jika make up itu digunakan untuk bekerja, seorang wanita yang berkarir memerlukan make up sebagai dekorasi, sebagai daya tarik demi kelancaran bisnis mereka. bukan untuk hal kurang bermakna seperti menarik hati ikan sekarat di pasar ataupun tante penjaga kantin di sekolah.

Kecantikan pada perempuan bukan pada luarnya saja, pesona kecantikan fisik akan memudar seiring berjalannya waktu, karena itu make up yang hanya memoles fisik, tidaklah berguna, apakah seorang perempuan dapat bahagia bila disebut topeng make up berjalan? karena ketebalan make upnya, secantik apapun wajahnya, itu PALSU

Tak bisakah perempuan menilai kecantikan dari dalamnya? agar kecantikannya, pesonanya, tetap abadi. Lihatlah Kartini, Lady Diana, Bunda Theresa, Florence Nightigale, Hellen Keller, pesona mereka tetap harum di hati orang orang walaupun sudah lama mereka meninggal. Pandanglah foto almarhumah Kartini!! apakah wajahnya dihiasi dengan pupur dan make up tebal?? TIDAK! tapi dia tetap dikenang oleh masyarakat Indonesia sebagai wanita cantik yang memiliki jiwa perjuangan yang hebat, dan pesonanya bertebaran dimana mana TANPA MAKE UP!!

Jadi, apa guna make up? make up hanya merusak wajah cantik alami perempuan!

10 comments:

Pemuda Indonesia mengatakan...

Jerit hati seorang perempuan kah Dew? Hahahahahahaha

Lightlide mengatakan...

ini nulis kok bukan jerit...

Ervyn mengatakan...

Sama aja Dew.... Jeritan Hati(yg ditulis) LilDew... hahaha... wkwkwkwk

chandra kertawinata mengatakan...

aku suka dengan blog ini.
sebagai seorang pengikut evolusionist, natural selection dan sexual selection menjadi sebuah topik yang sangat kusukai.

omong2 soal make up, hal ini sangat erat sangkut pautnya dengan sexual selection.

so what's sexual selection actually?
singkatnya sexual selection adalah proses seleksi "mating partner" secara insting.

how the instinct work?
seleksi seksual membuat suatu rasa ketertarikan kepada lawan jenis (atau sesama jenis jika gay) yang mempunyai ciri2 fisik yang menonjolkan sisi2 kematangan organ sexual, kesehatan reproduksi, dan persentase keberhasilan ber-reproduksi.

what's the function?
fungsi-nya sangatlah jelas, seleksi seksual membuat suatu perasaan tertarik/attracted terhadap pasangan yang memiliki ciri2 UNGGUL dalam reproduksi, dan membuat perasaan tidak tertarik/unattracted terhadap individu yang tidak memiliki ciri2 unggul dalam reproduksi.

so scientist membuat percobaan dalam sexual selection. percobaan mereka (sumber Nat. Geo) adalah dengan memancing singan betina menggunakan 2 buah boneka singa jantan. singa jantan A dipasang rambut berwarna kuning terang, singa B dipasang rambut berwarna kuning kombinasi hitam.
Hasilnya, singa2 betina mencoba mendekati boneka singa jantan B!
why?? karena ciri2 rambut kuning kombinasi hitam adalah ciri2 singa jantan muda yang matang dalam seksualitas, sedangkan yg berambut kuning terang adalah singa jantan tua.

bagaimana dengan manusia????
well manusia tidak lah jauh berbeda dengan species mamalia lainnya. Individu yang memiliki sex appeal yg kuat adalah Individu yang memiliki ciri fisik berkemampuan reproduktifitas yang unggul.

apa tolak ukur Unggul dan non unggul?

untuk cowok yang unggul adalah cowk yg tampan/ganteng/cakep.

cowk ganteng itu pada umumnya:
1. berambut tebal, berkilau sebagai tanda bahwa dia sehat
2. bermata cerah dan berbinar (tanda sehat)
3 berotot sebagai tanda keperkasaan seksualitas dan kualitas sperma (tidak heran cowk2 rajin pergi gym membentuk sixpacks dan otot2 lainnya). Otot juga sebagai simbol rasa aman, karena sang pria mempunyai persentase lebih besar dalam melindungi pasangan dia dan janin dari ancaman luar.

chandra kertawinata mengatakan...

cont.

untuk cewk:
1. berambut indah, berkilau, cerah.
2. mata bersinar, tidak buram
3. berkulit cerah, mulus, tidak kusam
4. pinggul berbentuk, tidak kegemukan.
5.berpayudara kencang (tanda kematangan organ sexual dan persentase keberhasilan membesarkan bayi karena payudara kencang biasanya menyediakan asi yg cukup)

NB: untuk nomor 1-4 kurang lebih sama kek cowk.

so jangan heran kalau cewek suka ber make up ria, karena make up mampu memanipulasi ataupun meningkatkan sex appeal sehingga insting seleksi sexual cowk pun menjadi lebih tertarik kepada wanita bermake up Indah. hal ini sama juga halnya dengan cowk yg mati2an pergi Gym demi membentuk tubuh yg atletis.

tidak ada salahnya dalam ber-make up, dalam sudut pandang seorang cowk, aku melihat bahwa make up menjadikan seorang wanita lebih cantik dan kesan pertama sangatlah penting dalam membina relationship. Inner beauty juga masuk hitungan, namun acap kali pria tidak akan menghiraukan inner beauty jikalau kesan pertama kurang OK. I know the truth seems so rude, but thats the ugly truth and it is perfectly natural.

Kartini, Lady Diana, Bunda Theresa, Florence Nightigale, Hellen Keller tidak ada hubungannnya dengan seorang wanita yang "meng-upgrade" kecantikan dirinya demi memikat lawan jenis. apakah tujuan wanita ber-make up agar namanya selalu di kenang?????? haha bisa iya bisa tidak.

for those who think they arent sexual attractive don't have to worry.
jagalah kesehatan anda dengan beraktifitas fisik dan mengkonsumsi makanan2 sehat maka anda pasti akan terlihat lebih menarik.

visit my facebook and see my transformation from a skinny unattractive guy into decent man.

sekian~~

Lightlide mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Lightlide mengatakan...

ehm, maksud saya disini seorang wanita untuk menunjukkan beautynya tidak perlu dengan bermake up yang berlebihan, terutama disaat yang tidak tepat.

tidak heran ibu2 atau wanita yang sudah berusia 30 keatas menggunakan make up yang cukup tebal untuk mempercantik wajahnya, tapi perempuan yang masih berusia remaja yang memiliki wajah yang masih mulus dan kencang, tidak perlu dilapisi dengan berbagai macam bubuk yang tidak terjamin keamanannya, karena meskipun make up dapat memperindah wajah, itu cuma sementara, efek jangka panjangnya, berbagai macam penyakit datang, misalnya aja:

1. menghambat pertumbuhan janin
2. menimbulkan flek hitam pada wajah
3. wajah menjadi kusam jika tidak menggunakan make up
4. kanker kulit
5. dst dst dst...

nah dari pendapat kamu bahwa perempuan/laki2 yang sehat itu memiliki sex appeal yang bagus, kesimpulan selanjutnya adalah orang yang memakai make up/kosmetik berlebihan sex appealnya jelek, karena pecandu kosmetik memiliki resiko penyakit yang tidak ringan alias TIDAK SEHAT

komenmu kok ada iklannya yah Chan? ==a

Anonim mengatakan...

perlu tapi jangan berlebihan

klo ga pake kek sayuran tanpa air
gakkakakkaka

Venomic Fairy mengatakan...

Haha... A nice post, sist. b^^d
Sebagai cewek yg gak pernah pake make up, (kecuali pas SD emak suka dandanin pake make up kalo mow ke ULTAH tmen) cuma satu kalimat buat yang suka pake make up untuk keperluan yang nggak penting n useless...

"buang2 duit ajah, bu'...!!!"

Ervyn mengatakan...

Yah si Imma, mau ikut nulis Im?

Posting Komentar

 

Sahabat

Mari Bergabung

Sumbangkan pemikiran kalain, bergabung menjadi kontributor Pemuda Indonesia. Jika anda berminat, silahkan baca cara bergabung dengan kami disini. Terimakasih.

Login

Klik Disini untuk Login ke Blogspot

Indonesiaku Indonesiamu

Indonesiaku Indonesiamu
Bangga menjadi anak Indonesia
© Pemuda Indonesia Template Copyright by Pemuda Indonesia | PEMUDA INDONESIA | There's will be no Pain