Bahasa Indonesia


Seberapa besar saat ini yang masih menggunakan bahasa pemersatu bangsa ini dengan baik dan benar, tentunya dengan ejaan yang baku. Memprihatinkan, bagaimana tidak? Saat warga asing berlomba-lomba mempelajari bahasa Indonesia, kita (Generasi saat ini khususnya) merusak tatanan bahasa yang sebenarnya sarat akan budaya, bukankah yang mereka pelajari sudah pasti bahasa Indonesia yang menganut dengan susunan dan ejaan baku KBBI? Lalu bagaimana kesan mereka yang memepelajari Bahasa Indonesia saat menerapkannya dalam percakapan dengan orang Indonesia yang saat ini menggunakan bahasa yang mereka sebut gaul. Menyedihkan memang, sungguh sangat ironis bangsa ini, bahasa yang diperjuangkan dirusak begitu saja oleh generasi muda yang merasa modern.


Sebagai contoh kata yang dirusak oleh generasi saat ini. 
Baku Tidak baku Keterangan
Saya / Aku Gue / Gw / W Bahasa ini memang salahsatu dari bahasa daerah di Indonesia tapi bahasa ini tidak baku dalam bahasa Indonesia.
Anda / Kamu / Kau Elu / Lu / Lw / Dsb. Masih seperti diatas, mengadopsi kata dari bahasa daerah Indonesia.
Tidak Nggak / Enggag / Ndak Setiap daerah berbeda penggunaan kata tidak baku ini.
Capai Cape / Capek -
Tahu Tau / Tao / Taw Mengkin karena jika hanya satu kata "Tahu" saja tanpa ada kalimat lanjutan maknanya bisa menjadi dua, karena itulah mungkin sering digunakan kata "Tau" tapi tetap saja ini tidak baku.
Lihat Liat Sesungguhnya makna dari kata "Liat" adalah lentur, orientasinya menuju pada tanah.
Mau Mo / Mw / Dsb. -
Belum lagi kata-kata yang disingkat dan penyusunan huruf besar-kecil dan penggunaan angka sebagai pengganti huruf, sungguh sangat memprihatinkan, saya sendiri sedikit pusing saat membaca tulisan-tulisan seperti itu, biasanya  penulisan seperti itu digunakan mereka yang menganggap diri mereka Gaul. Bagi saya sendiri, penulisan seperti itu sangat menjijikkan.


0 comments:

Posting Komentar

 

Sahabat

Mari Bergabung

Sumbangkan pemikiran kalain, bergabung menjadi kontributor Pemuda Indonesia. Jika anda berminat, silahkan baca cara bergabung dengan kami disini. Terimakasih.

Login

Klik Disini untuk Login ke Blogspot

Indonesiaku Indonesiamu

Indonesiaku Indonesiamu
Bangga menjadi anak Indonesia
© Pemuda Indonesia Template Copyright by Pemuda Indonesia | PEMUDA INDONESIA | There's will be no Pain